Analisis Komparasi antara Analisis Usaha Tani Padi dengan Analisis Usaha Tani Mendong di Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya

2 03 2009

Asep Yusup H., Noneng Masitoh, Dian Arfiena

Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

 

 

 

ABSTRAK

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan produktivitas, biaya produksi dan keuntungan antara usahatani padi dan usahatani mendong.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis data dengan menggunakan penaksiran selisih rata-rata dengan asumsi 1 = 2 dan 1 ¹ 2 untuk menghitung perbedaan produktivitas, biaya produksi dan keuntungan antara usahatani padi dan usahatani mendong.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, cara pelaksanaannya yaitu dengan metode survei pada kelompok tani padi dan kelompok tani mendong di Kelurahan Sukajaya, Kelurahan Purbaratu dan Kelurahan Margabakti Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder.

Dari hasil penelitian ternyata produktivitas usahatani mendong lebih tinggi daripada usahatani padi, biaya produksi yang dibutuhkan untuk usahatani mendong lebih rendah daripada usahatani padi dan keuntungan yang diperoleh dari usahatani mendong lebih menguntungkan dibandingkan dengan usahatani padi di Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya.

 

Kata Kunci: produktivitas, biaya produksi, keuntungan

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: